News

Sunday, March 20, 2011

Mengenal Area Kerja Adobe Photoshop Cs3


Perusahaan adobe telah banyak mengeluarkan produknya seperti diantaranya yang akan di bahas yaitu adobe photoshop, dalam perkembangannya pun adobe photoshop terus mengalami kemajuan, dan menerbitkan beberapa versi terbaru sesuai dengan kebutuhan para seniman.
                Pada kesempatan ini saya akan membahas workspace(lembar kerja) adobe photoshop cs3, sebenarnya area kerja adobe photoshop cs3 tidak jauh berbeda dengan versi-versi sebelumnya. Mungkin kini telah banyak orang yang telah mengenal area kerja adobe photoshop cs3, namu tidak ada salahnya saya menjelaskan kpda sobat yang belum mengenal area kerjanya.
1.       tool box
Di dalam tool box berisi berbagai macam tool atau alat-alat yang di gunakan untuk mengedit, atau membuat sebuah karya grafis. Tool tersebut memiliki kelompok tersendiri tergantung dari fungsi dan kegunaanya. Apabila anda melihat segitiga kecil terdapat di sebelah tool, berarti tool tersebut memiliki sub tool. Tool tersebut memiliki perbedaan bentuk tetapi memilikifungsi sama.
Untuk memunculkan sub tool tsb anda bisa dengan cara klik kanan atau klik kiri lalu tahan, kemudian akan muncul sub tool tsb.
2.       Document window
Dokumen window adalah tempat anda mengedit semua gambar, ada juga yang menyebutnya ‘kanvas’, seperti layaknya kanvas seorang pelukis, di mana di kanvas tersebut dapat menuangkan semuainspirasinya. Begitu juga dokumen window pada adobe photoshop cs3 fungsinya untuk mengedit, mengubah, memanipulasi, menciptakan sebuah karya objek atau gambar.
3.       Option bar
Option bar adalah baris pilihan untuk mendukung tool yang kita gunakan. Setiap kita menggunakan tool yang berbeda maka tampilan dan fungsi option bar akan berbeda juga.
Option bar berfungsi untuk mengatur nilai parameter dari tool yang sedang di gunakan.
4.       Menu bar
Dalam menu bar terdapat beberapa perintah pada apa yang sedang kita edit atau kerjakan. Menu yang terdapat pada adobe photoshop cs3 adalh sebagai berikut:
File: menyimpan file, membuka file, export file, import file, cetak file, page setup dan sebagainya yang memiliki fungsi tersendiri.
Edit: berisi semua yang berhubungan dengan editing seperti, cut, copy, paste, undo, step forward, step back ward, keyboard shortcut, transform, dll.
Image: kumpulan menu yang berfungsi sebagai mengatur gambar, seperti warna, size dokumen dan image,dll. Beberapa pilihan juga memiliki sub menu yang fungsinya berbeda-beda.
Layer: kumpulan menu yang berhubungan dengan layer pada gambar yang berfungsi sebagai mengatur layer, seperti menambah layer, menghapus layer, membuat masking, dll.
Select: semua yang berhubungan dengan menyeleksi gambar, seperti menghapus seleksi, seleksi ulang, dll.
Filter: berisikan menu-menu efek yang akan kita berikan pada objek yang sedang kita edit. Pilihan efek disini cukup banyak jadi anda bias coba-coba semua efek tersebut. Kita juga bisa mengkombinasikan satu efek dengan efek yang lainya.
View: digunakan untuk mengatur pandangan kita juga bias mengatur jenis tampilan dokumen window seperti, snap, show, dll. Anda juga bias coba-coba semua kalau saya jelaskan satu-satu kebanyakan he…he..he…
Window: di gunakan untuk menampilkan window kerja seperti menampilkan arrange, workspace,dll.
Help: berisi tentang semua bantuan-bantuan yang telah di sediakan oleh adobe photoshop cs3, sayangnya dalam bantuan tersebut menggunakan bahasa inggris, jadi bagi anda yang tidak paham dengan bahasa inggris bias Tanya ke MBAH GOOGLE atau JADAG-JODOG.
Pallete: pallete sangat berguna pada saat kita melakukan editing, dengan pallete kita menggunakan beberapa menu pilihan tanpa harus melalui menu bar, misalnya pada pallete layer, gambar yang di edit lebih dari satu layer, setiap layer bias di format sendiri-sendiri, atau setiap layer memiliki efek bebeda. Dan susunan layer dapat di atur sesuai kebutuhan kita, pallete dalam adobe photoshop cs3 tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya.
Collapse icon: fungsi collapse to icon adalh menyembunykan pallete yang sedang aktif menjadi sebuah icon, sehingga kita irit tempat dalam melakukan pengeditan.
Expand dock: fungsi expand dock adalah kebalikan dari collapse to icon, yaitu memunculkan pallete dalam tampilan sempurna, yang dapat memudahkan kita dalam pengeditan.

  

No comments:

Post a Comment