News

Tuesday, October 4, 2011

Mengatasi CD/DVD ROM Tidak Bisa Dibuka

     CD / DVD-ROM memang sudah pasti ada dalam sebuah PC ataupun laptop, karena fungsinya yang sangat mendukung untuk para pemakainya. Selain digunakan untuk membuka sebuah file berformat CD atau DVD, juga untuk membakar (burn) file untuk keperluan. Seringkali juga digunakan untuk memutar film berformat VCD, DVD, atau format lainnya.

     lama usia pemakaian CD / DVD-ROM tidak menutup kemungkinan terjadi masalah, seperti tidak terdeteksi oleh komputer, driver error, atau hal lainnya. Dalam hal ini saya ingin membantu rekan sekalian yang mempunyai masalah macet pada CD / DVD-ROM atau tidak bisa dibuka.

     Jika hal tersebut terjadi, jangan sekali-kali mencoba membuka ROM dengan mencongkelnya menggunakan obeng karena akan semakin memperparah kondisi ROM nya itu sendiri. Coba perhatikan dalam ROM tersebut, biasanya disitu ada sebuah lubang kecil seukuran lidi. Nah, lubang itu berfungsi jika ROM memiliki masalah macet atau susah dibuka.

     Untuk membukanya, bisa menggunakan paper clip, caranya yaitu luruskan ujung kawat paperclip hingga memanjang, tidak perlu seluruhnya diluruskan, cukup setengahnya saja. Lalu colok dan dorong ujung paperclip tersebut pada lubang ROM tadi, sehingga panel yang ada didalam ROM tersebut terdorong oleh paperclip tadi dan akan membuka ROM yang macet. Biasanya ketika kita membeli CD / DVD-ROM sudah disediakan kawat untuk digunakan jika mengalami masalah tersebut.

No comments:

Post a Comment