News

Tuesday, October 4, 2011

10 Karakter Blogger Sukses

        Menjadi blogger sepertinya sekarang sudah bisa menjadi pekerjaan untuk pilihan hidup kita. Baik di luar negeri ataupun di Indonesia sendiri sudah mulai banyak individu yang berani mengklaim dirinya sebagai blogger dalam pencantuman pekerjaannya. Walaupun jalannya cukup berliku, namun tidak sedikit sekarang blogger yang merasakan kesuksesan hidupnya setelah menjadi blogger.

Bagaimana sesungguhnya karakteristik menjadi blogger sejati, baik secara profesional ataupun hanya sekedar hobby. Menurut Blogsessive, terdapat 10 karakteristik yang harus diperhatikan agar menjadi blogger yang sukses, yaitu :
  1. Knows what he wants. Dalam hal ini blog yang dikelolanya dijaga betul kontennya dengan target dan strategi yang jelas.
  2. Knows what he’s doing. Untuk dapat menyajikan konten yang berkualitas, maka selalu bersikap well informed termasuk usaha mandiri untuk menelusur berbagai informasi yang akan dibutuhkannya. Lebih sempurna lagi kalau dirinya memiliki latar belakang dan pengalaman yang mumpuni terkait dengan tema blog yang diusungnya.
  3. Knows how to do it. Sebagaimana pepatah dari Aristoteles : “quality is not an act, it’s a habit”. Maka untuk menyiapkan sebuah konten yang berkualitas diperlukan upaya tertentu yang konsisten. Misalnya melengkapi terlebih dahulu dengan referensi atau membaca konten sejenis yang pernah di publish orang lain.
  4. Is a good friend. Dalam hal ini memandang siapapun dalam dunia blog ini sebagai sahabatnya. Tidak ada istilah kompetitor. Setiap konten yang dipublish oleh blogger lain dianggapnya sebagai sarana untuk sharing ilmu dan pengalaman untuk menambah wawasan. Selalu memberikan apresiasi pada setiap usaha rekan-rekannya untuk mempublish sesuatu pada blognya. He doesn’t see other people in his niche as competitors; he sees them as a fresh source of knowledge and experience exchange. He will always link to them whenever they write something great, as he knows that a link is a sign of appreciation.
  5. Is a good communicator. Proses komunikasi dua arah selalu dilakukannya, bertanya atau menjawab. Untuk sesuatu yang tidak diketahuinya maka tidak malu untuk menjawab dilain fihak untuk sesuatu yang diketahuinya, seringan apapun pertanyaan tidak segan untuk menjawabnya.
  6. Has a personality. Agar bisa eksis di kalangan komunitas blogger, maka keunikan dan personilitas harus diutamakan. Tidak dipungkiri sebagai bagian dari upaya pendalaman informasi maka kita akan berkunjung ke berbagai alamat situs atau blog tertentu. Dalam hal ini kebiasaan copy paste konten sebuah situs tentunya sebaiknya dihindari. Untuk menunjukkan personality dan integrity maka mempublish sesuatu yang sifatnya orisinal jauh lebih dihargai daripada sekedar mengisi konten blognya dengan model copy paste. Tapi hal ini memang akan berubah sesuai dengan kematangan para blogger. 
  7. Always ready for change. Hidup ini adalah sesuatu yang sangat dinamis dan sangat cepat sekali perubahannya. Untuk kepentingan ini maka setiap blogger juga selalu beradaptasi dengan berbagai perubahan yang berujung pada peningkatan personalitas dan kualitas dirinya.
  8. Knows his value. Memahami dengan baik posisi dirinya. Tidak rendah diri ataupun tinggi hati. Menyadari kekurangannya dan berusaha untuk selalu memperbaikinya serta menyadari sesuatu yang dimilikinya dan berusaha untuk sharing dengan yang lain.
  9. Wants to be better. Sukses bukanlah tujuan akhir, namun upaya untuk selalu meningkatkan kualitas, konsistensi, personalitas dan integritas senantiasa dilakukan terus menerus. Sebagaimana pendaki gunung, mengenal betul tantangan yang dihadapi serta jalan dan tujuan yang hendak diraihnya hingga akhirnya bisa mencapai puncak gunung.
  10. Is a healthy blogger. Nikmatilah hidup dengan menjadi blogger yang sehat. Sebagaimana layaknya sebuah pekerjaan dan hobby, bagaimanapun selalu memperhatikan kesehatan tubuhnya. Tidur yang cukup, makan yang teratur, menulis yang terjadual adalah karakteristik blogger yang baik. Tidak menjadikan alasan sebagai bogger untuk kemudian hidupnya menjadi tidak terurus apalagi bagi yang sudah berumah tangga. Tetap perhatikan tanggung jawab yang lain. Khususnya bagi kaum muslim, maka tetap ingat waktu shalat fardhu dengan cara berjamaah di masjid. Agar aktivitas bloggernya menjadi berkah dan manfaat dunia akherat.

No comments:

Post a Comment