News

Thursday, April 27, 2017

Memperbaiki Android yang Lelet

 Kinerja smartphone saat ini sangat cepat sekali terganggu oleh aplikasi yang tidak penting, merusak smartphone mulai dari penyimpanan sampai ke performa dan ketahanan baterai, apalagi aplikasi yang banyak menggunakan data dan menampilkan banyak iklan.

Salah satu cara paling efektif untuk mengembalikan performa Android yang sudah lemot adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak penting.

Berikut adalah aplikasi yang harus segara di hapus dari smartphone mu. 

1. Aplikasi yang Mengklaim Bisa Menghemat RAM

Aplikasi yang berjalan secara background akan memakan RAM dan baterai meskipun dalam keadaan standby. Secara sistematis aplikasi penghemat RAM juga berjalan secara background, jadi bukan meningkatkan performa tetapi malah membuat smartphone berat dan boros. 

Tapi ada pengecualian, bagi kalian yang suka menginstall semua aplikasi social media mulai dari Facebook, Twitter, BBM, Line, Instagram, dan yang lainya serta game-game online android, aplikasi penghemat RAM mungkin akan berguna, tapi akan ada dampaknya juga yaitu biasanya notifikasi dari aplikasi tersebut hanya muncul ketika dibuka aplikasinya. 

2. Clean Master (atau aplikasi pembersih lainya)

Aplikasi pembersih akan menjajikan Androidmu tetap bersih dan memilki performa baik, memang benar bahwa menghapus file-file seperti cache akan meningkatkan performa, tapi kalian tidak perlu untuk memasang aplikasi pembersih. Pada android sudah ada opsi untuk membersihkan file - file sampah tersebut, dengan cara pergi ke Settings> Storage > pilih Cached Data. Lalu Clear cached data.

Clean Master dan aplikasi sejenisnya hanya akan memakan RAM dan baterai, belum lagi munculnya iklan yang akan menghabiskan kuota kalian.

3. Aplikasi Antivirus

Sebenarnya Playsotre dan Smartphone mu sudah melakukan segala sesuatu yang dilakukan aplikasi antivirus. Aplikasi yang ada di Playstore sudah di cek oleh Google Playstore, sebelum tersedia untuk didownload. 

Antivirus android hanya berguna jika kalian sering mendownload aplikasi dari internet, tetapi itu pun hanya mencegah dalam proses penginstallan saja, jika kalian sudah membuka aplikasi yang terdapat malware tersebut antivirus tersebut tidak bisa berbuat apa-apa. Ironis nya metode terbaik untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menghapus aplikasi antivirus.

4. Aplikasi Penghemat Baterai

Sama saja dengan RAM Booster, aplikasi ini hanya menjajikan keajaiban saja. Untuk meningkatkan ketahanan baterai  adalah dengan menghentikan aplikasi dan service yang berjalan pada background, Sistem Android hanya bisa dikontrol ketika sudah di root, dan aplikasi-aplikasi di playstore tentu saja tidak akan bisa mengkontrol sitem Android secara sempurna. 

Cara alternatif? Kalian bisa buka Battery Settings, dan lihat aplikasi yang mengkonsumsi daya terbanyak, lalu force close aplikasi tersebut.

5. Menghapus Bloatware 

Banyak smartphone yang baru dibeli terdapat aplikasi-aplikasi yang sudah terinstall, mulai dari aplikasi untuk trip, games, office, dll ditambah lagi satu bundel aplikasi google yang hanya akan memenuhi penyimpanan saja. lebih parahnya lagi aplikasi tersebut memakan baterai dan tidak bisa di hapus.

Beberapa vendor tidak membiarkan kalian untuk menghapus aplikasi seperti Facebook, Twitter, dan yang lainya pada smartphone kamu. Maka disarankan untuk membeli smartphone dari pabrik yang memperbolehkan penghapusan bloatware - Contohnya, Huawei dan Honor, atau smartphone yang didalamnya hanya ada sedikit bloatware seperti Google atau Lenovo.

Adapun untuk smartphone merk lain biasanya memerlukan akses root untuk menghapus bloatware.

Aplikasi apa lagi yang menurut kalian harus dihapus? Silahkan share di komentar

No comments:

Post a Comment