News

Thursday, April 27, 2017

Merubah Tampilan Android Menjadi Unik

Salah satu kelebihan Android adalah begitu mudahnya untuk di kostumisasi dan diatur sesuai keinginan. Dengan sedikit sentuhan dan menggunakan aplikasi yang tepat, kamu bisa membuat smartphone mu berbeda dari yang lain. Jika kalian tidak tahu dari mana untuk memulai, saya akan berikan list aplikasi terbaiknya.  

Jika ingin mengkostum android, disarankan untuk root smartphone terlebih dahulu.
 

Flashify

Flashify adalah aplikasi yang membutuhkan akses root, dengan aplikasi ini kita dapat menginstall kostum recovery, kostum ROM, file zip, dan juga membuat backup.

Nova Launcher

Nova Launcher adalah salah satu launcher yang paling memiliki fitur kostumisasi, kalian bisa mengatur apapun sesuai keinginan, mulai dari tampilan, animasi, icon, dan kontrol gesture. Kalian juga bisa mengimport pengaturan launcher dari smartphone yang lain, sehingga bisa menjadi opsi untuk jangka panjang.

Icon Packs

Setelah memasang kostum launcher, selanjutnya kita menuju ke icon pack untuk lebih menyempurnakan tampilan android, ada banyak berbagai icon untuk di pilih di playstore dan hampir semuanya kompatible dengan Nova Launcher.

Zedge

Jika kalian ingin mengkostumisasi smartphone tanpa harus menginstall berbagai aplikasi, Zedge adalah opsi terbaik untuk di download. Kalian bisa mengatur wallpaper, icon, tampilan dalam satu aplikasi.

Pada aplikasi Zedge ini juga bisa menambahkan berbagai ringtone dan notification sound, dan lebih bagusnya lagi bisa mengupdate otomatis secara periodik sesuai pengaturan.

Ringdroid

Ok, meskipun dengan Zedge kita sudah bisa mengganti ringtone, ada aplikasi lain yang layak untuk dicoba, yaitu Ringdroid.

Ringdroid adalah aplikasi open source, jadi aplikasi ini gratis dan tidak ada iklan sama sekali. Dengan Ringdroid kamu bisa memotong lagu dan bisa digunakan untuk ringtone, notifikasi, alarm dan lain-lain.

Defumblr

Defumblr adalah kostum lock screen yang bisa membuat lock screen kalian lebih berguna, kita bisa menambahkan aplikasi, mengatur notifikasi, dan menampilkan aplikasi yang sering di gunakan pada tampilan lock screen.

Xposed Framework

Selanjutnya aplikasi yang sudah sangat populer bagi kalangan oprekers android, yaitu Xposed Framework. Aplikasi ini tidak hanya bisa merubah tampilan, tapi juga bisa merubah dan menghilangkan fitur atau modul di android mu yang mungkin tidak pernah dipakai.
 
Meskipun aplikasi ini bisa berjalan tanpa root, tapi saya sarankan untuk memakai aplikasi ini jika android kalian sudah di root, karna aplikasi ini kemungkinan bisa menyebabkan 'soft brick' atau boot loop.

Ada beberapa versi Xposed Framework, tergantung OS Android yang kalian gunakan, jadi pastikan install versi yang tepat. Untuk sementara ini belum ada yang support untuk OS Nougat.

Ok itulah list aplikasi yang saya sarankan, kalian tidak harus memasang semuanya, sesuai kebutuhan saja.

No comments:

Post a Comment